Time

Pages

Wednesday, September 11, 2013

5 Hal Mudah Untuk Menjaga Lingkungan

Sekarang ini sudah cukup banyak orang yang mulai sadar lingkungan. Sudah banyak organisasi-organisasi yang didirikan untuk menjaga lingkungan sekitar, ada yang melakukan gerakan menanam pohon, pembersihan sampah dari selokan dan sungai, bahkan, ada organisasi yang menuntut untuk melarang penggunaan/pembelian air minum dalam kemasan sekali pakai!
Untuk Anda yang menjadi bagian dari organisasi lingkungan, itu adalah hal yang sangat baik. Namun bagi yang tidak bergabung dalam organisasi lingkungan, Anda masih bisa kok berkontribusi untuk lingkungan tercinta. Bagaimana caranya?

Bawa botol minum isi ulang Anda sendiri
Sehingga Anda tidak perlu membeli air minum dalam kemasan sekali pakai, yang akan menambah jumlah sampah plastik. Tentu bagi pekerja kantoran, hal ini bukan hal yang memberatkan juga. :) Jangan lupa, pilih botol minum yang terbuat dari bahan plastik terbaik, dan tentunya bebas dari racun BPA! Lebih ramah lingkungan, lebih sehat untuk Anda juga, kan? Saat ini sudah sangat banyak botol minum semacam itu di supermarket-supermarket.




Bawa kotak makan Anda sendiri saat Anda membeli makanan
Terkadang saat membeli makanan, pedagang akan membungkuskan makanan dengan kertas pembungkus atau bahkan dengan stereofoam box. Mulai sekarang, bawalah kotak makanan Anda sendiri ke pedagang makanan, usahakan tidak menggunakan kertas pembungkus/stereofoam box.



Bawa kantong belanja Anda sendiri
Saat berbelanja ke pasar ataupun ke supermarket, bawalah kantong belanja Anda sendiri. Usahakan sesedikit mungkin menerima kantong plastik dari pedagang. Terutama saat berbelanja di supermarket, biasanya mereka menjual kantong belanja yang dapat Anda gunakan berulang-ulang, harganya pun relatif murah. Mengurangi penggunaan kantong plastik sama dengan mengurangi sampah plastik, loh!



Daur ulang semua plastik
Pastikan sampah-sampah plastik yang Anda miliki terbuang di tempat yang benar sehingga plastik tersebut dapat terdaur ulang dengan baik.


Spread the word
Bagikan artikel ini melalui sosial media. Ajak teman, rekan kerja dan keluarga Anda untuk mengikuti gaya hidup ramah lingkungan ini. Tidak cukup dengan uang atau hukum untuk memecahkan masalah lingkungan, kita butuh kesadaran dari semua orang untuk membuat lingkungan kita lebih baik. :)


Mudah bukan? Saatnya untuk lebih peduli lingkungan, jaga kebersihannya. Aku peduli, kalau kamu?

1 comments:

 

Aku Peduli

Sample Text

Sample Text