Time

Pages

Tuesday, May 6, 2014

Mengapa kamu, dia dan saya perlu membeli botol air minum isi ulang?

Banyak orang mengajukan pertanyaan semacam ini kepada saya - mengapa perlu membeli botol air minum isi ulang? Bukannya lebih mudah dan praktis membeli air minum dalam kemasan? Simpel, setelah air habis, kita tinggal buang saja kemasan botolnya - kita tidak perlu repot membawa botol lagi pulang, mencuci botol itu, dan masih banyak lagi alasan kerepotan yang ada jika kita membawa botol air minum isi ulang kita sendiri.
Dari satu alasan teman saya tadi saja, sudah ada satu jawaban mengapa kita perlu membawa botol minum isi ulang daripada membeli air minum dalam kemasan botol - mengurangi sampah. Sudah bukan rahasia lagi bahwa saat ini kita memiliki persoalan kebersihan dimana-mana - terutama yang disebabkan karena sampah botol plastik. Coba tengok selokan dekat lingkungan Anda tinggal, atau ke sungai-sungai di sekitar Anda, atau di tempat pembuangan sampah - sampah botol plastik cukup banyak terlihat di kumpulan sampah-sampah tersebut.

Nah, sekarang coba bayangkan seperti ini - sehari jika 1 orang membeli 1-2 botol air minum dalam kemasan, dan di wilayah Jakarta saja, kita ada 2 juta orang yang melakukan kebiasaan membeli air minum dalam kemasan, 1 hari kita menghasilkan 2-4 juta sampah botol plastik - dan jika dikumpulkan, dalam waktu 1 bulan - kita bisa menghasilkan sekitar 120 juta sampah botol plastik. WOW! Bayangkan 120 juta sampah botol plastik - mau didaur ulang? Coba pikirkan kemampuan perusahaan pendaur ulang untuk mendaur ulang sampah plastik, sangat susah untuk mendaur ulang plastik dalam jumlah besar. Jumlah sebanyak itu, belum tentu semua dapat didaur ulang - sekaligus. Mungkin perlu saya tekankan - 120 juta sampah botol plastik ini baru hasil sampah dari warga Jakarta - belum di kota-kota lain di seluruh Indonesia? Dan lagi - proses daur ulang tidak ramah lingkungan dan menyebabkan polusi.

OK, sekarang kita sudah lihat sedikit penjelasan tentang sampah botol plastik - bayangkan jika kamu, dia dan saya memiliki botol minum isi ulang sendiri - kita semua tidak perlu membeli air minum dalam kemasan - apa yang terjadi? Sampah plastik berkurang, sungai-sungai lebih bersih, selokan bersih, bebas banjir, kita juga mengurangi kuantitas pendaurulangan plastik - yang artinya mengurangi polusi - asyik bukan? Kita bisa hidup lebih nyaman di lingkungan lebih sehat.

Coba lagi - segi kesehatan? Saya juga punya penjelasan menarik soal ini. Tahu BPA? BPA (Bisphenol-A) merupakan senyawa yang dipakai pada saat proses daur ulang - yang membuat plastik tampak bersih dan jernih! Ya, senyawa ini tidak akan berbahaya -- selama tidak ada pemicu yang menyebabkan ia terlepas dari plastik! Apa pemicu terlepasnya BPA dari plastik? PANAS. Sinar matahari, udara sekitar yang sangat panas, air panas. Dan jika ada yang belum tahu, senyawa BPA ini bisa menjadi racun, yang jika tertimbun di dalam tubuh kita akan menyebabkan penyakit kanker. Disini lagi saya akan berikan 1 buah fakta: plastik yang digunakan untuk mengemas air minum dalam kemasan adalah plastik daur ulang - yang artinya, mengandung senyawa BPA. Nah, jika Anda membeli botol minum air ulang - saat ini sudah begitu banyak dijual botol minum yang menggunakan plastik bebas senyawa BPA. Coba cari botol yang memiliki label 'BPA FREE' - botol semacam inilah yang aman digunakan sehari-hari.

Jika boleh saya simpulkan, menggunakan botol minum isi ulang akan sangat sangat sangat menguntungkan - buat kamu, dia dan saya - oh ya, buat lingkungan juga. Jadi, tunggu apa lagi? Masih mikir mau beli botol minum isi ulang? ;)

Saya peduli. Kalau kamu?

1 comments:

 

Aku Peduli

Sample Text

Sample Text